Merawat Komputer dengan Mudah

February 23, 2013

Sekian lama memiliki notebook dan memakainya setiap hari. Hampir tanpa perawatan. Paling-paling hanya menambahkan antivirus. Dan sekarang kinerja sii lepi ini mulai melambat. Barulah sadar, bahwa sii lepi butuh perawatan agar kembali sehat dan segar bugar. Walaupun tidak bisa kembali 100% seperti kondisi awalnya.

Sebenarnya, untuk merawat lepi ini aku agak-agak takut. Takutnya nanti kalo ada yang salah, malah bisa membuat sii lepi sakit. (hiks, jadi malu niih karna ketauan kalo aku mahasiswa IT yang gak bisa ngerawat lepi). Tapi beruntunglah karena aku masih suka mengunjungi Perpustakaan Kota, dan nemuin buku yang bisa membantu aku untuk merawat lepi ku sendiri dengan mudah.

Menurut buku yang aku baca, sebenarnya hanya diperlukan lima langkah agar komputer, notebook atau netbook kita menjadi kembali optimal dalam melakukan pekerjaannya. 
  1. Saat kita menggunakan komputer untuk mengerjakan tugas, browsing, main game, kadang tanpa kita sadari dapat meninggalkan sampah pada komputer kita. Dan sampah-sampah yang ada pada sistem operasi, terutama Windows, itu lah yang harus dibersihkan. Bisa dengan menggunakan CC Cleaner.
  2. Nonaktifkan fitur Autorun pada Windows, agar penyusup berbahaya gak bisa masuk sembarangan.
  3. Pilih antivirus yang sekaligus berfungsi sebagai security internet yang paling handal, murah dan tidak menghabiskan banyak memori. Bisa menggunakan PCMAV, Avira, Avast, AVG atau yang lainnya.
  4. Gak mau kan data-data yang ada dalam hard disk tiba-tiba hilang?? Jadi pantau selalu performa hard disk dengan menggunakan utility yang mampu mendeteksi kerusakan pada hard disk. Biar kerusakannya gak menyebabkan data-data hilang. Utility yang bisa digunakan adalah Active Hard Disk Monitor.
  5. Selektiflah dalam menginstall aplikasi agar komputer tetep "enteng". Kalau perlu install saja yang memang diperlukan. Dan bisa juga dengan menggunakan aplikasi open source.
Kelima hal di atas sudah aku coba lho . Dan hasilnya notebook ku udah gak batuk-batuk lagi saat di pakai. Biasanya browsing agak lemot. Buka program agak lama. Tapi sekarang udah lebih cepet. Perawatan seperti ini baiknya dilakukan satu kali dalam satu bulan. Agar kesehatan komputer kita tetap terjaga.

Alangkah lebih baiknya jika kita dapat merawat komputer kita sendiri. Pastinya lebih mudah dan murah kaan ^^

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Member of

Member of
Kumpulan Emak Blogger

Flickr Images

Subscribe