Destinasi Wisata di Bali - Pura Tirta Empul

December 14, 2014

Destinasi wisata di Bali yang kami kunjungi di Hari pertama perjalanan wisata ke Bali adalah Pura Tirta Empul. Bersama guide local yaitu Bli Ketut, kami menyusuri jalan-jalan di Bali dan menuju ke daerah Gianyar. Bali panas kala itu. Matahari cukup terik. Padahal di bulan Desember kan musim penghujan. Berarti rejekinya kami dikasih cuaca yang bersahabat saat jalan-jalan. :)

Sepanjang perjalanan, Bli Ketut banyak menceritakan tentang Bali. Sebenernya tertarik banget untuk mendengarkan ceritanya. Tapi karena gak kuat menahan kantuk, aku lebih pilih untuk tidur. Perjalanan juga cukup panjang, yaitu kurang lebih 2 jam. Cuma sesekali aku terbangun, melihat keluar jendela. Rata-rata aktifitas penduduk Bali di pagi hari adalah sama, yaitu berdoa dan memberikan persembahan di pura kecil yang ada di depan bangunan masing-masing.

destinasi wisata di bali - pura tirta empul


Mendekati kawasan Pura Tirta Empul, Bli Ketut menyampaikan peraturan sebelum kami turun. Jika ada pengunjung wanita yang sedang datang bulan, dilarang masuk ke kawasan pura. Yaa, karena tempat ini merupakan tempat suci bagi umat Hindu. Apabila dilanggar, mitosnya sih bisa membawa keburukan bagi yang melanggar. Selain itu kita juga harus menggunakan kain seperti jarik jika menggunakan celana pendek, dan menggunakan kain yang diikatkan pada pinggang jika sudah menggunakan celana panjang. Kain ini sudah disediakan sebelum masuk ke wilayah pura. Kita bisa pinjam secara gratis, hanya kita bisa memberi sumbangan sukarela.






Memasuki Pura Tirta Empul, ada halaman yang cukup luas. Di dekatnya ada juga seperti panggung yang katanya biasa digunakan untuk pertunjukan. Sedikit masuk ke dalam, ada kolam air suci yang airnya berasal dari mata air. Ada beberapa pancuran yang masing-masing memiliki arti. Saat itu, sedang ada yang mandi di kolam tersebut. Dari pancuran yang pertama, berpindah lagi ke pancuran berikutnya. Begitu seterusnya hingga pancuran terakhir.

destinasi wisata di bali - pura tirta empul

Di sisi yang lainnya, ada sebuah kolam berisi ikan. Di sekitar kolam ada tulisan bahwa dilarang melemparkan uang koin ke dalam kolam, tapi toh setelah dilihat banyak uang koin di dalamnya. Haha. Dasar penduduk Indonesia. Kalau dilarang malah seperti disuruh. Aku kurang banyak informasi mengenai Pura Tirta Empul ini. Karena kami keliling sendiri, sedangkan Bli Ketut lebih milih duduk dan 'ngadem' di area panggung.




Kemudian di sebelah kiri kawasan Pura ini ada sebuah bukit, yang diatasnya ada sebuah bangunan yang seperti penjelasan Bli Ketut ini adalah Istana Presiden. Tempat ini dibangun untuk kunjungan Presiden Soekarno di tahun 1954 (sumber:wikipedia)

Tangga ini menuju Istana Presiden yang ada di atas, and she's my mom :D

Setelah cukup berkeliling dan foto-foto di Pura ini, kami keluar lokasi. Di jalan keluar kita akan diarahkan menuju ke tempat yang hampir mirip pasar. Hanya saja ini pasarnya oleh-oleh dan gak cukup besar juga. Kemudian kami bersiap meninggalkan Kawasan Pura Tirta Empul untuk menuju destinasi wisata di Bali lainnya.

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Member of

Member of
Kumpulan Emak Blogger

Flickr Images

Subscribe